BATRE
ABC
Produk ini diproduksi oleh PT. Internasional Chemical Industry yang merupakan perusahaan manufaktur berstandar mutu internasional. Perusahaan ini merpakan pengembangan dari dua pabrik baterai sebelumnya, yaitu di Medan dan di Jakarta.Diawali dari pembangunan pabrik pertama baterai ABC di Medan pada tahun1959 oleh Chandra Djojonegoro dan Chu Sok Sam dengan nama PT. EverbrightBattery Factory, selanjutnya di Jakarta pada tahun 1968 dengan nama PT.International Chemical Industrial. Untuk memenuhi kebutuhan produk bateraiABC pasar dalam negeri maupun luar negeri yang semakin meningkat, makadibangun pabrik di Surabaya dengan nama PT. Hari Terang Industry (d/h PT.Hari Terang Industrial Co., Ltd.) yang telah beroperasi sejak tahun 1982.Pemilihan kota Surabaya berdasarkan pertimbangan untuk meningkatkanefektivitas dan efisiensi distribusi kawasan pasar Indonesia Timur. PT. Internationaal Chemical Industry telah menguasai sekitar 80% pangsa pasar batu baterai di Indonesia. Baterai yang diproduksi oleh PT. International Chemical Industry tidak hanya dijual di pasaran domestik tetapi telah menembus pasaran ekspor yaitu ke 60 negara di lima benua, antara lain negara: Amerika Serikat, Canada, Jepang, Australia dan beberapa negara di Eropa dan Afrika.
Pemasaran yang dilakukan didalam negeri dilakukan
sepenuhnya oleh distributor tunggal PT. Arta Boga Cemerlang dengan kantor yang
tersebar di seluruh propinsi di Indonesia. PT. Intercallin melakukan dan PT.
Arta Boga Cemerlang melakukan kerjasama dengan warung-warung yang menjual
produknya dengan memberikan promo yang cukup menarik, seperti memberikan
bonus-bonus.
PT. International Chemical Industry juga dipercaya
oleh institusi lembaga ketahanan Nasional melalui serangkaian uji mutu yang
sangat ketat untuk mensuplai kebutuhan baterai Alkaline di lingkungan TNI sejak
tahun 2001. Tercapainya prestasi tersebut tak lepas dari kerja keras PT.
International Chemical Industry untuk menghasilkan produk bermutu dan dengan
harga yang cukup terjangkau, sehingga konsumen puas dan selalu setia
menggunakan produknya, baik batu baterai Carbon Zinc maupun
Alkaline. Sasaran selanjutnya adalah menjaga dan meningkatkan ekspor produk PT.
International Chemical Industry di luar negeri.
Baru-baru ini PT. International Chemical Industry
meluncurkan produk terbarunya, ABC Rechargeable. Batu baterai ini
ditujukan bagi konsumen yang membutuhkan batu baterai lebih kuat dan tahan lama
serta dapat diisi ulang. Batu baterai ini dijual beserta alat charger.
Tuntutan konsumen yang semakin kritis terhadap
kualitas suatu produk sangat disadari oleh manajemen, maka komitmen produsen
baterai ABC yang dihadapkan dengan era globalisasi mencanangkan program besar
dengan menerapkan sistem “Standar Mutu Internasional” atau yang lebih dikenal
dengan ISO – 9000. pada bulan Juli tahun 1995, produsen ABC berhasil
mendapatkan sertifikat ISO – 9002:1994 dari Quality Assurance Services yang
sekarang menjadi SAI Global lembaga sertifikat dari Australia dan British
Standards Institutions dari Inggris yang diperbaharui pada bulan Maret 2003
menjadi ISO 9001:2000 dari lembaga sertifikat yang sama. Semakin hari konsumen
semakin sadar akan produk yang ramah lingkungan. PT. International Chemical
Industry juga sangat peduli akan hal ini. Pada bulan Juni 2004 PT.
International Chemical industry memperoleh Sertifikat ISO 14001:2000 untuk
penerapan Sistem Manajemen Lingkungan dari SGS (Societe Generale de
Surveillance) dan diperbaharui pada tahun 2005 menjadi ISO 14001
:2004, untuk memenuhi tuntutan masyarakat dunia akan produk yang ramah
lingkungan.
Strategi promosi yang dilakukan PT. International Chemical Industry ini
beragam :
1. Media elektronik, seperti iklan. Iklan yang
dilakukan oleh PT. Intercallin
banyak dan beragam serta kreatif. PT. Intercallin menggunakan media
iklan televisi agar produknya tetap diingat oleh konsumen,
promosi yang dilakukan dengan menggunakan media advertising ini
pun berhasil mempengaruhi konsumennya, karena selain
produknya yang bermutu juga iklan yang menarik dan
kreatif.
2. Media cetak, seperti koran, majalah.
3.Terjun langsung ke konsumen. Selain media advertising
PT.International Chemical Industry ini juga melakukan promosinya dengan cara
terjun langsung ke konsumennya, menjadi sponsor-sponsor diacara besar, dan
melakukan promosi dengan melakukan kerja sama dengan warung-warung dengan memberikan
bonus.
Dengan inovasi produk dan strategi pemasaran bertumpu
pada kualitas produk inilah PT. International Chemical Industry mampu memimpin
dan mempertahankan pangsa pasar yang dikuasainya di Indonesia. Untuk pangsa
pasar luar negeri PT. International Chemical Industry sudah siap untuk bersaing
dengan produk lain
Komentar
Posting Komentar