Batre ABC


BATRE ABC

Produk ini diproduksi oleh PT. Internasional Chemical Industry yang merupakan perusahaan manufaktur berstandar mutu internasional. Perusahaan ini merpakan pengembangan dari dua pabrik baterai sebelumnya, yaitu di Medan dan di Jakarta.Diawali dari pembangunan pabrik pertama baterai ABC di Medan pada tahun1959 oleh Chandra Djojonegoro dan Chu Sok Sam dengan nama PT. EverbrightBattery Factory, selanjutnya di Jakarta pada tahun 1968 dengan nama PT.International Chemical Industrial. Untuk memenuhi kebutuhan produk bateraiABC pasar dalam negeri maupun luar negeri yang semakin meningkat, makadibangun pabrik di Surabaya dengan nama PT. Hari Terang Industry (d/h PT.Hari Terang Industrial Co., Ltd.) yang telah beroperasi sejak tahun 1982.Pemilihan kota Surabaya berdasarkan pertimbangan untuk meningkatkanefektivitas dan efisiensi distribusi kawasan pasar Indonesia Timur.
PT. Internationaal Chemical Industry telah menguasai sekitar 80% pangsa pasar batu baterai di Indonesia. Baterai yang diproduksi oleh PT. International Chemical Industry tidak hanya dijual di pasaran domestik tetapi telah menembus pasaran ekspor yaitu ke 60 negara di lima benua, antara lain negara: Amerika Serikat, Canada, Jepang, Australia dan beberapa negara di Eropa dan Afrika.
Pemasaran yang dilakukan didalam negeri dilakukan sepenuhnya oleh distributor tunggal PT. Arta Boga Cemerlang dengan kantor yang tersebar di seluruh propinsi di Indonesia. PT. Intercallin melakukan dan PT. Arta Boga Cemerlang melakukan kerjasama dengan warung-warung yang menjual produknya dengan memberikan promo yang cukup menarik, seperti memberikan bonus-bonus.
PT. International Chemical Industry juga dipercaya oleh institusi lembaga ketahanan Nasional melalui serangkaian uji mutu yang sangat ketat untuk mensuplai kebutuhan baterai Alkaline di lingkungan TNI sejak tahun 2001. Tercapainya prestasi tersebut tak lepas dari kerja keras PT. International Chemical Industry untuk menghasilkan produk bermutu dan dengan harga yang cukup terjangkau, sehingga konsumen puas dan selalu setia menggunakan produknya, baik batu baterai Carbon Zinc maupun Alkaline. Sasaran selanjutnya adalah menjaga dan meningkatkan ekspor produk PT. International Chemical Industry di luar negeri.
Baru-baru ini PT. International Chemical Industry meluncurkan produk terbarunya, ABC Rechargeable. Batu baterai ini ditujukan bagi konsumen yang membutuhkan batu baterai lebih kuat dan tahan lama serta dapat diisi ulang. Batu baterai ini dijual beserta alat charger.

Tuntutan konsumen yang semakin kritis terhadap kualitas suatu produk sangat disadari oleh manajemen, maka komitmen produsen baterai ABC yang dihadapkan dengan era globalisasi mencanangkan program besar dengan menerapkan sistem “Standar Mutu Internasional” atau yang lebih dikenal dengan ISO – 9000. pada bulan Juli tahun 1995, produsen ABC berhasil mendapatkan sertifikat ISO – 9002:1994 dari Quality Assurance Services yang sekarang menjadi SAI Global lembaga sertifikat dari Australia dan British Standards Institutions dari Inggris yang diperbaharui pada bulan Maret 2003 menjadi ISO 9001:2000 dari lembaga sertifikat yang sama. Semakin hari konsumen semakin sadar akan produk yang ramah lingkungan. PT. International Chemical Industry juga sangat peduli akan hal ini. Pada bulan Juni 2004 PT. International Chemical industry memperoleh Sertifikat ISO 14001:2000 untuk penerapan Sistem Manajemen Lingkungan dari SGS (Societe Generale de Surveillance) dan diperbaharui pada tahun 2005 menjadi ISO 14001 :2004, untuk memenuhi tuntutan masyarakat dunia akan produk yang ramah lingkungan.

Strategi promosi yang dilakukan PT. International Chemical Industry ini beragam :
1. Media elektronik, seperti iklan. Iklan yang dilakukan oleh PT. Intercallin                         banyak dan beragam serta kreatif. PT. Intercallin menggunakan media     iklan televisi agar produknya tetap diingat oleh konsumen, promosi      yang dilakukan dengan menggunakan media advertising ini pun berhasil      mempengaruhi konsumennya, karena selain produknya yang bermutu      juga iklan yang menarik dan kreatif.
2. Media cetak, seperti koran, majalah.
3.Terjun langsung ke konsumen.  Selain media advertising     PT.International Chemical Industry ini juga melakukan promosinya dengan cara terjun langsung ke konsumennya, menjadi sponsor-sponsor diacara besar, dan melakukan promosi dengan melakukan kerja sama dengan warung-warung dengan memberikan bonus.
Dengan inovasi produk dan strategi pemasaran bertumpu pada kualitas produk inilah PT. International Chemical Industry mampu memimpin dan mempertahankan pangsa pasar yang dikuasainya di Indonesia. Untuk pangsa pasar luar negeri PT. International Chemical Industry sudah siap untuk bersaing dengan produk lain



Komentar