Siklus Hidup Produk

                                 Minute Maid Pulpy Orange


1. Pengelompokan produk :

a. Merek          : Minute Maid Pulpy Orange
b. Jenis            : Minuman
c. Produk         : The Coca - Cola Company
d. Penempatan : dimana saja
e. Kegunaan    : untuk diminum

Langkah / Tahap Dalam Daur Hidup Produk (Product Life Cycle)

              Minute Maid Pulpy dibeli oleh The Coca – Cola Company pada tahun 1960, sejak saat itu Minute Maid Pulpy dipasarkan sebagai minuman sari buah jeruk dari buah asli dengan vitamin C dan butir jeruk asli ( pulp ). Seiring dengan berkembangnya waktu, The Coca – Cola Company melakukan inovasi dan meluncurkan berbagai rasa dan varian.
Di Indonesia, Minute Maid Pulpy pertama kali dipasarkan pada pertengahan September 2008 dengan nama Minute Maid Pulpy Orange dan terus melakukan inovasi sampai sekarang. Di bawah ini lebih adalah  berbagai inovasi yang dilakukan Minute Maid Pulpy di Indonesia.
Minute Maid Pulpy Orange
Kandungan bulir jeruk asli dan kesegaran rasanya merupakan daya tarik utama bagi konsumen yang kemudian mengantarkannya menjadi salah satu pemain penting dikategori minuman dalam kemasan di Indonesia.

·         Fase Perkenalan :
Minute Maid Pulpy Orange dikenalkan di Indonesia pada pertengahan September  2008, setelah kesuksesannya di India dan Cina. Perkenalan(promosi). Pada tahap ini, Minute Maid Pulpy Orange melakukan promosi di media elektronik yang berupa iklan dan media cetak yang berupa iklan di Koran, majalah, spanduk.

·         Fase Pertumbuhan :
Setelah dikenalkan pada pertengahan September 2008, Minute Maid Pulpy Orange langsung disambut positif oleh pasar Tanah Air. Buktinya, merek minuman jus dari perusahaan raksasa soft drink itu melampaui target awal penjualan. Bahkan, Minute Maid Pulpy Orange sempat mencatat keberhasilan sebagai produk minuman dengan angka penjualan SKU tertinggi dalam rentang waktu tiga bulan.

·         Fase Kematangan :
Minute Maid Pulpy Orange pertumbuhan total pasar sari buah yang tiap tahunnya mencapai 15% - 20%, setidaknya Minute Maid Pulpy Orange sanggup bertarung dengan incumbent yang sudah amat kuat, seperti Buavita. Pada fase ini Minute Maid Pulpy juga mengeluarkan inovasi baru yaitu Minute Maid Pulpy Tropical, Minute Maid Pulpy O'Mango dan Minute Maid Pulpy Aloe Vera

·         Fase Penurunan :
Minute Maid Pulpy Orange sampai saat ini belum mengalami fase penurunan walaupun sudah ada inovasi, Minute Maid Pulpy Orange sampai saat ini masih banyak dicari.

Kesimpulan
Setiap produk pasti mengalami yang namanya siklus hidup produk. Sebuah produk dapat bertahan hidup di tengah persaingan karena adanya inovasi yang terus – menerus. Inovasi sebuah produk dapat dilakukan tanpa harus menunggu produk tersebut mengalami fase penurunan. Inovasi produk juga disiapkan untuk menghadapi ketika produk awal mengalami fase penurunan.

Komentar